Wisata Kawah Ijen

Wisata Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen, Jawa Timur, memiliki tinggi 2368 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5466 Hektar. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Propinsi Jawa Timur. Dari Surabaya menuju Kawah Ijen membutuhkan 6-7 jam perjalanan.
Kawah Ijen merupakan Danau Kawah terbesar di dunia. Dengan warna danau yang berwarna hijau kebiruan,para penambang belerang, suhu yang cukup dingin khas dari pegunungan serta pemandangan yang sangat indah dan mempesona maka sangatlah pantas kalau Kawah ijen menjadi tujuan wisata, baik lokal maupun turis asing.
Ada 2 rute atau jalan masuk menuju Wisata Kawah Ijen yaitu :
1. Kawah Ijen dari Banyuwangi
Rute ini dapat ditempuh melalui Kabupaten Banyuwangi (Stasiun Kereta, Terminal dan Pelabuhan Ketapang jika dari Pulau Bali), lalu menuju Kecamatan Licin.dan dilanjutkan menuju Desa Jambu lalu ke Patulding. Dari Patulding berjalan kaki (soft trekking) pada jalan setapak dan tebing kaldera sejauh 2 kilometer menuju Kawah Ijen. Total jarak tempuh melewati rute ini adalah 38 kilometer.
2. Kawah Ijen dari Bondowoso
Rute perjalanan menuju Kawah Ijen jika lewat Kabupaten Bondowoso memang lebih jauh jika di bandingkan dengan lewat Banyuwangi. Namun pemandangan alam sekitar saat menuju Kawah Ijen sungguh sangat mempesona yaitu Kebun Kopi dan Hutan Pinus yang masih sangat alami. Dari Kota Bondowoso perjalanan menuju Wonosari, lalu dilanjutkan ke Desa Sempol dan akhirnya ke Patulding. Dari Patulding rute sama untuk mencapai Wisata Kawah Ijen seperti via Banyuwangi. Wikipedia