Pura Luhur Poten Gunung Bromo

By | November 6, 2014

Pura Luhur Poten Gunung Bromo . Wisata Gunung Bromo adalah sebuah Taman nasional yang terletak di kawasan Taman Nasiona Bromo Tengger Semeru. Gunung berapi ini mempunyai pesona wisata alami yang sungguh sangat luar biasa dan tentu saja menakjubkan. Mengulas keindahan Wisata Bromo  tidak akan pernah ada habisnya. Ke Agungan Sang Pencipta benar-benar bisa di rasakan di tempat wisata paling favorit di Jawa Timur ini. Terutama ketakjuban oleh pemandangan alam pegunungan yang alami, asri dan indah.

Tujuan utama saat mengambil paket wisata Bromo adalah untuk explorasi tempat-tempat wisata di Bromo yang semuanya mempunyai daya tarik tersendiri yaitu explorasi wisata bromo 4 lokasi yang terdiri dari melihat indahnya matahari terbit dari puncak penanjakan 1 dan penanjakan 2 , Kawah Bromo , Padang Savanah dan Pasir Berbisik. Ada satu tempat wisata menarik yang kadang lepas dari perhatian pengunjung yaitu Pura Luhur Poten , umumnya masyarakat menyebutnya dengan pura poten.

Pura Luhur Poten Gunung Bromo

Pura Luhur Poten Bromo

Pura Poten atau Pura Luhur Poten Gunung Bromo terletak di tengah lautan pasir Gunung Bromo menjadi salah satu tempat beribadah Suku Tengger untuk memuji  Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai manifestasi Dewa Brahma . Pura Tengger ini di bangun pada tahun 2000 dengan arsitektur campuran dari adat Bali dan Jawa yang bangunannya terbagi menjadi 3 zone aau 3 Mandala yaitu

– Mandala Utama yaitu tempat pelaksanaan pemujaan atau sembahyangan yang di dalamnya terdapat sebuah Padma (tempat pemujaan).

– Mandala Madya (tengah) sebagai tempat untuk persiapan dan pengiringan upacara persembahyangan

– Mandala Nista (depan) yaitu ruang terbuka yang mempunyau pintu tunggal sebagai tempat peralihan dari luar untuk masuk ke dalam pura.

Selain sebagai tempat sembahyang suku Tengger, Pura Luhur Poten merupakan lokasi perayaan suku adat Bromo yaitu Festival Yadya Kasada yang familiar disebut Upacara Kasodo . Upacara Kasada adalah upacara tahunan untuk memanjatkan puji syukur atas karunia yang diberikan kepada masyarakat Suku Tengger. Upacara ini diadakan setiap tahun pada bulan Kasada tepatnya pada malam bulan purnama. Tepat pada perayaan kasada pengunjung wisata Bromo sungguh sangat tinggi. kalau tour Bromo biasanya mulai jam 3 pagi, maka saat perayaan ini di mulai pada jam 12 malam untuk mengarak sesajen ke Pura Luhur Poten Gunung Bromo. Pengunjung yang tidak membawa kendaraan roda 2 wajib memakai  sewa jeep bromo karena kendaraan roda 4 akan dilarang turun kelautan pasir oleh petugas setempat.

Artikel seputar wisata ke Bromo:
– Puncak B29 Lumajang Desa Argosari
Wisata Surabaya
Surabaya Bromo Tour
Paket Wisata Bromo Midnight Tour

Tag terkait wisata bromo: